Pengenalan Pemrograman Aplikasi BlackBerry

Post ini diambil dari blog penulis di sini.

BlackBerry adalah suatu merek smartphone yang sangat terkenal di Indonesia. Dari yang semula hanya digunakan untuk kaum pebisnis, kini BlackBerry menjadi suatu aksesoris wajib bagi mereka yang gaul dan tentunya mempunyai uang lebih untuk membelinya. Katanya sih, kalau dulu para karyawan berkeringat dingin kalau diberi BlackBerry oleh boss-nya, sekarang para karyawan pada rebutan untuk mendapat fasilitas BlackBerry.

Oke, cukup basa-basinya. Kenapa Anda harus belajar membuat aplikasi BlackBerry? Ada beberapa argumen yang saya punya. CMIIW, please.🙂

  1. Pengguna BlackBerry di Indonesia banyak! Menurut info dari berbagai operator telekomunikasi di Indonesia, pengguna BlackBerry di Indonesia telah mencapai lebih dari 1 juta orang. Ain’t it cool?
  2. Pengguna BlackBerry yang technology-aware umumnya mengaktifkan layanan BIS mereka. In short, internet on terus. Dengan adanya internet yang on terus. Dengan internet di tangan pengguna, banyak hal yang bisa dilakukan.
  3. Menggunakan Java. Java adalah bahasa OOP high-level, berarti kode-kodenya -relatif- mudah dibaca dan dipahami. Belajar membuat aplikasi BlackBerry tentu akan lebih sulit jika Anda harus berhadapan denganassembly.
  4. IDE (Integrated Development Environment. Singkatnya, alat bantu pemrograman) gratis dan populer: Eclipse. BlackBerry plugin-nya juga gratis untuk di-download.
  5. Jumlah programmernya masih belum terlalu banyak. Di Google Groups: BlackBerry Developer Indonesia saja baru 50-an orang yang terdaftar.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan dengan Aplikasi BlackBerry Anda?

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan aplikasi BlackBerry Anda, antara lain:

  1. Mengakses GPS. Aplikasi BlackBerry buatan Anda bisa menampilkan informasi lokasi dari GPS, dan Anda bisa memanggil BlackBerry Maps
  2. Mengakses internet, membuka halaman website, dan mengakses web service.
  3. Integrasi ke aplikasi sistem. Aplikasi Anda bisa menyimpan reminder, notes, to-do list, kontak, memanggil BlackBerry Maps, dan masih banyak lagi.
  4. Menyimpan data, membaca dan menulis file.
  5. Memainkan video dan musik.
  6. Mengakses kamera untuk mengambil gambar, dan masih banyak lagi!

Sudah tidak sabar ya? Okay, tunggu artikel pertama saya tentang instalasi Eclipse dan BlackBerry JDE Plugin ya! I promise it won’t take a week! Untuk sementara, silakan lihat-lihat dulu di http://na.blackberry.com/eng/developers/javaappdev/. Good luck and have fun with your own BlackBerry apps!

About Febiyan Rachman
A young and talented developer who has interests in website development, cute asian girls, JQuery, design, and BlackBerry application development. He really loves when people visit http://blog.reversef.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: